Sejarah Komputer Masa Kini

Posted on Monday, February 15th, 2016 at 11:26 PM

Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer : Komputer adalah suatu alat elektronik yang mempunyai kemampuan melakukan berbagai tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Pengertian komputer menurut Sanderes adalah sistem eletronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan diatur agar secara otomatis menerima dan menyimpan data yang dimasukkan (input), memproses serta menghasilkan keluar (output) dibawah pengawasan sistem operasi yang bertugas mengawasi langkah langkah instruksi program. Output tersebut selanjutnya disimpan dalam media penyimpanan.

Saat ini komputer berkembang dengan sangat pesat. Komputer bukan lagi menjadi teknologi yang bisa digunakan kalangan atas saja, tapi kaum menengah ke bawah juga dapat mengoperasikannya. Fungsi komputer pun menjadi beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi, komputer juga bisa menjadi sarana pendidikan, sarana informasi, sarana mempermudah pekerjaan manusia, sarana usaha, media hiburan, bahkan sebagai media controlling system suatu instansi.

Sebelum menjadi komputer yang saat ini banyak beredar, komputer memiliki banyak perubahan dan perkembangan. Yang dahulunya sangatlah besar sekarang menjadi kecil, fleksible, simple, dan efisian dibawa kemanapun. Perkembangan komputer dibagi men jadi beberapa generasi.

Generasi Pertama

Generasi pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun 1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3 yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Kemudian Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.

Di Amerika, Howard H.Aiken membuat sebuah kalkulator eletronik untuk US Navy yang merupakan komputer terbesar yang memiliki panjang kabel 500 mil dan berukuran setengah lapangan sepak bola. Komputer ini diberi nama Mark 1 atau The Harvard IBM Automatic Sequence Controlled Calculator yang merupakan komputer relai elektronik. Komputer ini masih tergolong sangat lamban dan tidak fleksibel. Kemudian muncul ENIAC yang merupakan komputer hasil kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Universitas Pennsylvania. Komputer ini cukup rumit karena memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. Ini merupakan komputer dalam sejarah komputer yang memiliki mesin sangat besar sehingga membutuhkan daya sebesar 160 kW untuk menghidupkannya. Komputer ENIAC ini dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang memiliki kecepatan kerja 1000 kali lebih cepat dari Mark 1.

Intinya, sejarah komputer pada generasi pertama dibuat untuk melaksanakan tugas tugas tertentu. Ciri komputer generasi pertama adalah belum seragamnya bahasa mesin yang digunakan serta penggunaan tabung vakum yang berukuran sangat besar serta penggunaan silinder magnetik sebagai penyimpanan data.

Perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
  2. Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
  3. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
  4. Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
  5. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
  6. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  7. Prosesnya relatif lambat.
  8. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
  9. Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

Generasi Kedua

Perkembangan komputer kepada generasi kedua dipengaruhi oleh perkembangan transistor yang berukuran kecil. Transistor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956. Penemuan lain berupa memori inti magnetik yang menjadikan komputer lebih kecil, cepat, dapat diandalkan serta lebih hemat energi dibanding komputer pada generasi pertama. Komputer pada generasi kedua juga telah menggunakan bahasa assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan singkatan untuk menggantikan kode biner. Komputer pada generasi ini juga memiliki komponen komponen tambahan seperti printer, disket, memori, sistem operasi dan program. Salah satu komputer pada generasi kedua ini adalah IBM 1401. Penggunaan komputer pada tahun 1956 ini didominasi dalam proses informasi keuangan.

Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
  • berorientasi pada bisnis dan teknik
  • Proses operasi sudah cepat

Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Sejarah komputer kemudian berkembang pada generasi ketiga (1958) setelah ditemukannya Integrated Circuit (IC / sirkuit terintegrasi) oleh Jack Kilby. IC yang ditemukan oleh insinyur yang berasal dari Texas Instrument ini mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan berhasil membuat sebuah chip yang merupakan gabungan dari IC. Hal ini membuat komputer generasi ketiga menjadi lebih kecil, lebih hemat energi dan lebih cepat. Penggunaan sistem operasi membuat komputer lebih mampu menjalankan berbagai program berbeda secara bersamaan.

Generasi Keempat

Komputer berkembang ke generasi keempat dengan dikembangkannya LSI (Large Scale Integration) pada tahun 1980, VLSI (Very Large Scale Integration dan ULSI (Ultra-Large Scale Intergration) dimana chip tunggal yang terbuat dari berbagai jumlah komponen komponen. Hal ini bertujuan untuk membuat komputer lebih kecil, lebih murah, lebih efisien, lebih hemat daya dan menjadikan komputer lebih handal.

CPU pada komputer muncul pada generasi keempat ini yaitu Chip Intel 4004 pada tahun 1971. Chip pada komputer kemudian digantikan oleh mikroprosesor yang mempunyai kemampuan untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan dalam penggunaan komputer. Personal Computer atau Komputer Pribadi diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1981. perusahaan komputer yang bersaing diera generasi keempat ini adalah IBM dan Apple Macintosh. Berbagai prosesor dan jenis komputer seperti Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6, Athlon merupakan golongan komputer generasi keempat dsb. Perkembangan komputer pada generasi keempat terus berkembang hingga muncul berbagai bentuk komputer seperti dekstop, notebook, laptop, palmtop dan lainnya.

Generasi Kelima

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Referensi :

Dalam http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-komputer-sejarah-dan-manfaat-komputer.html?m%3D1&ei=LDSDZ_JI&lc=en-ID&geid=10&s=1&m=661&ts=1455509538&sig=ALL1Aj7AF3lwnsm-_DjO3UYK3zI8SOtBaQ, diakses pada 15 February 2016

Iskandar Abadi, 2014, Dalam http://masterz-seo.blogspot.co.id/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html, diakses pada 15 February 2016

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply