PENUGASAN PTI 5

Posted on Monday, March 21st, 2016 at 12:11 PM

Pengertian Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh komputer.

Cloud storage merupakan definisi dari penyimpanan data online di “awan” dimana banyak perusahaan maupun personal individu yang dapat menyimpan dan mudah mengakses datanya melalui koneksi internet.

Penyimpanan data dalam storage dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

 

PRIMARY STORAGE

Primary Storage(Penyimpan Primer)

Dicirikan dengan :

  • kecepatan akses yang lebih tinggi
  • Kapasitas terbatas/ kecil
  • Dapat diakses langsung oleh CPU
  • Harga mahal
  • Memori utama
  1. Volatile storage

Primary storage dibatasi oleh 2 faktor, yaitu :

  • Harga memori primer
  • Masalah teknis dalam pengembangan memori utama yang sangat besar

 

1.Ada 4 bagian didalam primary storage, yaitu :
Input Storage Area: Untuk menampung data yang dibaca
Program Storage Area : Penyimpanan instruksi-instruksi untuk pengolahan—
Working Storage Area : Tempat dimana pemrosesan data dilakukan—
Output Storage Area: Penyimpanan informasi yang telah diolah untuk sementara waktu sebelum disalurkan ke alat-alat output

Primary storage dapat juga terbagi berdasarkan pada hilang atau tidaknya data / program di dalam penyimpanan yaitu :

  • Volatile Storage
    Berkas data atau program akan hilang jika listrik padam
  • Non Volatile Storage
    Berkas data atau program tidak akan hilang sekalipun listrik dipadamkanBerdasarkan Pengaksesan nya primary memory terbagi menjadi dua yaitu :
  • RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)—
    Bagian dari main memory, yang dapat kita isi dengan data atau programdari diskette atau sumber lain. Dimana data-data dapat ditulis maupundibaca pada lokasi dimana saja didalam memori. RAM bersifat VOLATILE.
  • ROM (READ ONLY MEMORY)
    Memori yang hanya dapat dibaca. Pengisian ROM dengan program maupundata, dikerjakan oleh pabrik. ROM biasanya sudah ditulisi program maupundata dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus. Misal : Diisi penterjemah(interpreter) dalam bahasa basic.

SECONDARY STORAGE

Secondary Storage (Penyimpan Sekunder)}

Dicirikan dengan :

  • Tidak dapat diakses langsung oleh CPU(harus dicopi dahulu ke buffer memori)
  • Kecepatan akses lebih rendah
  • Berharga lebih murah
  • Kapasitas besar
  • Contoh : Magnetic Tape, Magnetic Disk, Optical Disk, Flash Memory Non volatile storage

Kegunaan utama penyimpan sekunder antara lain :

  • Penyimpan program untuk penggunaan masa dating
  • Penyimpan informasi dalam bentuk file

Jenis Secondary Storage

Serial / Sequential Access Storage Device (SASD)

Tidak dapat diaksessecara langsung diposisinya (harus sekuen, urut) ± Kapasitas lebihbesar, harga per bit informasi yang dapat direkam lebih murah, kecepatanlebih lambat berbanding DASD
Contoh : Magnetic Tape, Punched Card, Punched ,Paper Tape
Direct Access Storage Device (DASD) Dapat diakses secara langsung diposisinya. ± Kapasitas lebih besar, harga per bit informasi yang dapatdirekam lebih murah, kecepatan lebih lambat berbanding main memory.
Contoh : Magnetic Disk, Floppy Disk, Mass Storag

MAGNETIC TAPE

Merupakan penyimpan sekunder dengan pengaksesan secara sequential danbiasanya digunakan untuk komputer jenis mini atau mainframe 2 jenis magnetic tape yang biasanya digunakan : Mempunyai bentuk standart yang memiliki lebar pita ½ “ (12,7 mm). Magnetic terbuat dari plastik tipis yang dilap permukaannya. Mempunyai bentuk seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder

Density Pada Magnetic Tape

Density adalah fungsi dari media tape dan drive yang digunakan untuk merekam data ke media magnetic tape.  Salah satu karakteristik yang penting dari tape adalah Density (kepadatan) dimana data disimpan.Satuan yang digunakan density adalah bytes per inch (bpi). Umumnya density dari tape adalah 1600 bpi dan 6250 bpi. BPI (Bytes Per Inch) ekivalen dengan Characters Per Inch Parity dan Error Control pada Magnetic Tape Salah satu teknikuntukmemeriksa kesalahan pada pita magnetik adalah dengan parity check. Jenis Parity Check adalah

  1. ODD PARITY (Parity Ganjil)
  2. EVEN PARITY ( Parity Genap

OPTICAL DISK

Adalah suatu akses langsung ke disc yang menulis dan membaca dengan cahaya. Contoh media penyimpanan yang bersifat optic ini adalah : CD, DVD CDROM dapat menyimpan data hingga 600MB, tetapi kini banyak dipasarkanhingga ukuran gigabyte. Dengan kapasitas yang begitu besar, maka dayatampung CDROM bisa disamakan dengan sekitar 430 disket yang berukuran1.4MB Untuk melakukan penyimpanan data, CDROM menggunakan panas sinar laseryang akan membakar metalic film melalui sebuah lubang khusus. Lubanginilah yang menyajikan data dalam bentuk binary. Dikarenakan haltersebut, data yang sudah tertulis diatas CDROM belum bisa diperbaiki/diganti baru. User hanya bisa membaca untuk kemudian dipindahkan}kedalam harddisk. Hal ini sesuai dengan namanya, yaitu Compact Disc ReadOnly Memory Saat ini cukup banyak CD dengan kemampuan Read dan}Write, dalam arti kata bisa digunakan untuk menulis dan membaca secaraberulang- ulang seperti halnya sebuah disket
Bentuk track pada}CDROM adalah spiral. Track ini akan terus menyambung mulai dari bagianluar melingkar-lingkar sampai ke bagian dalam. Track berbetuk spiralmenyebabkan waktu aksess secara acak lebih lambat dibandingkan dengantrack konsentris pada harddisk. Sektor-sektor pada track berdampinganmulai dari track terluar dan melingkar sampai track terdalam.

MAGNETIC DISK

Media yang digunakan pada peralatan penyimpan magnetik dilapisi denganlogam oksida, oksida ini adalah material feromagnetik, yang berarti jikaini dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara permanen akanmenjadi magnet.  Penggeraknya menggunakan motor untuk memutar media pada kecepatan tinggi, dan pengaksesan informasi menggunakan alat kecilyang dinamakan head
Penyimpanan data dalam cloud storage ini dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Personal Cloud Storage

Jenis storage ini biasanya digunakan oleh seseorang secara personal untuk back up data-data yang dimilikinya. Beberapa smartphone bahkan telah menambahkan aplikasi cloud ini untuk mempermudah penggunanya ketika ingin melakukan back up terhadap datanya. Data yang sering di back up yaitu foto, video, lagu,dokumen dan berbagai data lain yang dianggap penting.

  • Public Cloud Storage

Jenis storage ini sering digunakan oleh perusahaan yang memiliki jenis data tidak terstruktur. Perusahaan menyewa cloud storage dari provider cloud dan untuk mengelola seluruh data yang dimiliki perusahaan.

  • Private Cloud Storage

Jenis ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang menginginkan fasilitas keamanan serta kecepatan lebih dibanding jenis cloud storage yang lain. Pada storage ini, provider akan membentuk sebuah infrastruktur dalam pusat data perusahaan, dan keduanya akan berintegrasi didalamnya.

  • Hybrid Cloud Storage

Merupakan gabungan antara public dan private. Data akan terbagi 2, yaitu data yang dianggap penting akan tersimpan dalam private cloud storage dan data lainnya di simpan dalam public cloud storage.

Contoh-Contoh Cloud Storage :

Google Drive

Google Drive memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 5GB, sedangkan yang layanan berbayar adalah US$2.49 perbulan dengan kapasitas 25GB, US$4.99 perbulan dengan kapasitas 100GB, dan US$800 perbulan dengan kapasitas 16TB. Penggunaan Google Drive adalah dengan mendownload aplikasinya lalu meng-installnya dikomputer dan setelah diinstall akan ada folder Google Drive, setiap file yang ingin di simpan di cloud storage Google Drive cukup di masukkan ke dalam folder tersebut, maka akan otomatis tersinkronisasikan dengan folder di cloud storage Google Drive, seolah folder Google Drive yang terinstal di komputer berfungsi sebagai FTP-client. Keuntungan dari pemanfaat Google Drive bagi pengguna gmail dan google apps adalah, file yang disimpan di google drive bisa diintgrasikan dengan gmail dan google apps. Sehingga sesama pengguna gmail dan google apps bisa saling berbagi file yang disimpan di Google Drive dengan pengaturan hak akses yang disesuaikan seperti pengaturan hak akses pada file server, jadi tidak perlu mengirimkan file melalui attachment email.

Dropbox

Dropbox juga merupakan salah satu penyedia layanan cloud storage yang cukup populer dan termasuk pemain lama dalam bidang ini. Dropbox memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 2GB, sedangkan yang layanan berbayar adalah US$10 per bulan / US$99 per tahun dengan kapasitas 50GB, US$20 per bulan / US$199per tahun dengan kapasitas 100GB.Dropbox juga menawarkan tambahan kapasitas 500MB untuk setiap pandaftar baru yang mendaftar dengan referensi dari yang telah menggunakan layanan Dropbox. Untuk menggunakan layanan cloud storage Dropbox diperlukan install software yag disediakan oleh Dropbox di situsnya untuk dapat didownload gratis dan di install di Windows, Mac, maupun Linux. Setelah menginstall Dropbox, maka di komputer akan ada folder khusus milik Dropbox sama seperti pada Google Drive.

Box.com

Penyedia Cloud Storage berikutnya adalah box.com yang juga memberikan free space sebesar 5GB untuk pengguna personal. Adapun untuk layanan berbayar adalah US$15 per bulan per user dengan jumlah user maksimal sampai 500 user. Dan ada juga layanan unlimited untuk enterprise.  Fitur layanan free storage dari box sebenarnya sama dengan layan dari penyedia lainnya untuk layanan yang sama.

SkyDrive
Yang ini adalah layanan cloud storage dari Microsoft. SkyDrive memberikan free space agak lebih besar dari layanan free cloud storage yag lain. Untuk layanan free nya SkyDrive memberikan space sebesar 7GB.

Amazon Cloud Drive

Amazon sebagai salah satu provider layanan cloud computing terkemuka di dunia tidak mau ketinggalan dalam menawarakan layanan cloud storage gratis bagi customernya, sama seperti Google Drive dan Box.com, Amazon juga memberikan kapasitas 5GB untuk layanan cloud storage yang gratis. Layanan ini belum lama diluncurkan oleh Amazon, yaitu baru sekitar satu tahun yang lalu. Adapun layanan berbayar untuk Amazon Cloud Drive sangat bervariasi karena cukup banyak pilihan harga, mulai dari US$20 per tahun untuk kapasitas 20GB sampai US$1000 untuk kapasitas 1000GB.

Kapasitas Cloud Storage

hf

http://thefifth-group.blogspot.co.id/p/cloud-storage.html

http://www.webopedia.com/TERM/C/cloud_storage.html

http://artikeldaninformasi.com/jenis-jenis-cloud-storage/

http://asia.pcmag.com/storage-devices-reviews/8885/guide/the-best-cloud-storage-services-for-2015

http://blogkita11.blogspot.co.id/

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply